It's Wrap! Ini Peraih Cultured Blackauto Master dan Contest Blackauto Master di Blackauto Final Battle Jogja 2023

15 Dec 2023

Blackauto Final Battle Jogja 2023

It's wraap! Gelaran Blackauto Final Battle Jogjakarta akhirnya selesai pada Minggu, 22 Oktober 2023. Hal tersebut dibuktikan dengan pengumuman para pemenang.

Ajang adu gengsi dan adu kreatifitas dalam modifikasi Blackauto Final Battle Jogjakarta 2023 ini memang tak bisa dianggap sepele. Mulai dari 62 mobil dengan modifikasi berbagai aliran yang memadati area indoor Jogja Expo Center.

Dibuka dengan dua kelas, Blackauto Modify memiliki dua output juara dengan gaya modifikasi mobil yang berbeda yaitu culture dan contest.

Sedikit reminder, ajang Blackauto Final Battle Jogja 2023 ini merupakan ajang terakhir event modifikasi dari tim BlackXperience di tahun 2023. Sebelumnya sudah mendapatkan pemenang sekaligus finalis yang akan diadu kembali di Jogjakarta.

Andra dari Platinum Auto Workshop (PAW)

Yang pertama dimulai dari kelas culture, bro Andra dari Platinum Auto Workshop (PAW) dengan Toyota FT86 miliknya yang berhasil meraih gelar bergengsi dari Blackauto Final Battle Jogja 2023 sebagai Cultured Blackauto Master 

"Alhamdulillah enggak sia-sia perjuangan jauh-jauh dari Jakarta ke Jogjakarta, jadi pasti sudah pada tau lah ya mobil ini konsep sebelumnya berwarna hijau nah kali ini untuk ikut di Blackauto Final Battle Jogja 2023 gue rubah untuk kasih yang spesial ke BlackXperience,"tutur Andra.

Toyota FT86

Benar sekali, Toyota FT86 dari Platinum Auto Workshop ini kentara perubahannya terutama disektor eksterior dan mesin. Bro Andra mengganti 'Warna Baju' dan jantung pacu mobilnya dan mempersiapkan semuanya hanya dalam waktu yang singkat yaitu satu bulan.

"Kita prepare kurang lebih satu bulan, konsep garis besarnya tetap street racing. Jadi body kita repaint total dari hijau ke hitam solid. Mesin kita swap engine, pakai 3UZ terus kita pasangin turbo dua sekaligus alias twin-turbo."terus cowok hobi ganti warna rambut ini.

Toyota FT86 dari Platinum Auto Workshop

Sebagai salah satu syarat dan penunjang penilaian, setiap finalis yang masuk Blackauto Final Jogja 2023 wajib mengetest kemampuan mesin mobil mereka di atas mesin dyno. Dan Toyota FT86 bro angga ini berhasil menorehkan tenaga 116,7HP, 

Melirik area interiornya, Toyota FT86 ini juga telah mendapat banyak perubahan dengan sekujur dashboard terbalut Suede serta sepasang doortrim dan rollbar yang terlapis karbon kevlar.

Sementara disektor kaki-kaki, bro Andra mengganti sistem suspensi udara lama mobilnya dengan pasokan air suspension Air Lift empat titik dengan management. 

Terakhir, sang owner bengkel PAW ini mengklaim jika budget membangun Toyota FT 86 street racing ini dari awal hingga kondisi tanding di Blackauto Final Battle menyentuh miliyaran rupiah.

"Hmm..kalau ditotal dari awal bangun kayaknya Rp 2 milyaran sih. Soalnya banyak riset dan upgradenya lagi sampai dititik ini. Tapi gue puas, akhirnya dapat Culture Blackauto Master,"tutup Andra.

Berpindah dari bro Andra dengan Toyota FT86 hitamnya, kali ini ada sang juara yang meraih Contest Blackauto Master. Mobil tersebut adalah Suzuki Swift milik bro Dawank Diora Family.

Dawank Diora Family

Memang bukan hal pertama bagi Dawank menjadi salah satu 'Juara Nasional' di event Blackauto Battle, pada tahun lalu ia berhasil meraih gelar yang sama pada Mitsubishi Xpander merah bermesin 4G63T miliknya dan ia mengaku masih deg-degkan dan sangat gembira.

"Waduh..deg-degkan, luar biasa dan seneng banget pastinya. Sempat enggak nyangka juga, tapi dengan tim kita yang solid ini kita berjuang dan percaya diri," lontar Dawank kami wawancara selepas pengumuman juara Blackauto Final Battle Jogja 2023 selesai.

Sama halnya seperti bro Andra, bro Dawank juga kembali mengupgrade spesifikasi modif mobilnya untuk bisa menyabet gelar juara di Blackauto Final Jogja 2023 ini.

Suzuki Swift

Ia pun membeberkan, ubahan paling signifikan disektor eksterior seperti body dan kaki-kaki."Betul mobil ini gue upgrade lagi, terutama body ya khususnya gue custom bodykit lagi.

Body juga kita guyur warna kuning yang lebih nyala dan pasang livery yang terinspirasi dari Mitsubishi Lancer Evo 8 yang dipakai Bryan di Fast Furios itu loh," tunjuk Dawank ke bagian body mobilnya.

Disektor interior, kami melihat serta bro Dawank mengatakan jika ia mengupgrade sepasang jok penumpang depan dengan menggunakan jok Recaro original.

Meski tetap menggunakan velg yang sama dengan di kota sebelumnya, namun rupanya bro Dawank tetap memberikan upgrade pada kaki-kaki mobilnya.

"Kaki-kaki ada upgrade, velg tetap Adula ring 18 lebar depan 10 dan belakang 12. Ada tapinya nih, palang velg alias bagian tengahnya itu gue balut karbon kevlar,"jelasnya kepada tim BX.

Ada hal yang unik dalam Blackauto Final Jogjakarta 2023 ini. Tak sengaja bro Dawank dan Bro Andra sama-sama telah menerjunkan dana dari kantong sejumlah total Rp 2 milyar untuk membangun atau memodifikasi mobil kesayangannya ini.

Suzuki Swift milik Dawank Diora Family

Selain itu, meraih Culture Blackauto Master dan Contest Blackauto Master bro Dawank dan bro Andra sama-sama mendapatkan hadiah uang tunai sejumlah Rp 50 juta dari BlackXperience.

Sama halnya seperti bro Andra,bro Dawank juga mengetes kemapuan mobil kesayangannya ini yang telah swap engine 4G63T ini. Hasilnya Suzuki Swift  kuning ini mampu mencatat angka 179,3 HP.

"Pokoknya BlackXperience itu luar biasa banget kalau bikin acara atau kontes.Selain kontesnya yang totalitas, BlackXperience juga memberikan hadiah yang jumlahnya besar. Sukses terus BlackXperience dan semoga Blackauto Battle makin banyak setiap tahunnya," kesan Andra untuk BlackXperince.

"Kalau mau bangun mobil tipsnya bangun dulu tim yang solid, karena di dunia modifikasi itu kesalahan sedikit dampaknya lumayan besar. Pokoknya harus semangat dan percaya diri, agar bisa jadi juara di Blackauto Battle selanjutnya,"tips Dawank untuk Blackpals yang hobi modifikasi.

[Azz/timBX].