Tommy HA: Modifikasi Indonesia Semakin Meningkat

Dec 02, 2018 - BlackAuto Battle Surabaya 2018

Dunia modifikasi di tanah air semakin menggila. Perhelatan BlackAuto Battle 2018 yang dilaksanakan di beberapa kota besar di Indonesia, menampilkan banyak mobil modifikasi terbaik. Sebut saja di BlackAuto Battle Solo 2018, Suzuki Every milik Auto_Cemara, berhasil menjadi The Champ September 2018 lalu. Selain itu, Honda Jazz terpanjang milik Bengkel Garson Automobile Makasar menjadi The Champ di BlackAuto Battle Makassar.

Dalam perhelatan Final Round BlackAuto Battle 2018 yang dilaksanakan di Surabaya ini, akan lebih menghebohkan lagi, lantaran juri yang diundang merupakan juri yang sangat berpengalaman dari luar negeri. Nah, khusus di BlackAuto Modify, juri luar negeri yang diundang berasal dari Amerika Serikat, yaitu Tommy HA.

Tommy kembali di dapuk sebagai juri tamu untuk kontes BlackAuto Modify, di Final BlackAuto Battle 2018. Ditanya lebih lanjut, pria berwajah oriental ini mengatakan, bahwa ia sudah menjadi juri khusus untuk Modify selama lima tahun. Sejak dari awal ia menjadi juri, ia menuturkan bahwa kontestan asal Indonesia begitu sportif, dan menerima keputusan dari juri.

“Selama saya menjadi juri di BlackAuto Battle, kesan saya para kontestan selalu baik, dan menerima komentar dari kami juri, dan mereka juga mengimprovisasi masukan dari kami,” ujar Tommy.

Pria asal Amerika Serikat ini ternyata juga memiliki toko spare part dan perlengkapan khusus modifikasi mobil. Nah, kesehariannya selain memiliki toko otomotif, Tommy juga hobi traveling sembari mencari mobil karya modifikasi, serta ke pantai.

Karirnya sebagai juri dimulai pada tahun 2003, ketika Tommy membangun sebuah company khusus penjurian modifikasi mobil di Amerika Serikat dengan nama International Tuning Standard, khusus untuk sertifikasi modifikasi.

“Kesan saya selama sebagai juri di BlackAuto Battle, skema mobil modifikasi di Indonesia lebih ekstrem, dan banyak sekali mobil modifikasi di Indonesia. Saya sendiri menyukai konsep street racing car,” lanjutnya.

Ia juga menambahkan bahwa setiap tahun banyak perkembangan di BlackAuto Battle, terlebih banyak nominasi The Master, di BlackAuto Battle 2018.[prm/timBX]