Toyota Avanza Sabet Gelar Fun SPL BlackAuto Battle 2017 Pekanbaru

Jul 30, 2017 - BlackAuto Battle Pekanbaru 2017

Meskipun masih pemula berkecimpung dalam dunia modifikasi audio, namun mobil Toyota Avanza milik Fadi ini telah menyabet gelar juara pada gelaran kontes Black Auto Battle Fun SPL Battle di Pekanbaru.

Mulai serius main audio pada tahun ini, dan hanya fun saja ikut kontes SPL. Namun perjuangan tidak sia-sia, saya dapat menjuarai kontes SPL dengan mencetak 137,4 dB pada kontes SPL,” buka Fadi. Seperti apa proses modifikasi audio yang dilakukan pada Toyota Avanza miliknya?

Langkah awal dalam proses modifikasi audio Toyota Avanza ini yaitu melucuti interior kabin untuk dilumuri peredam Automat dengan jumlah yang beragam. “Di semua pintu 2 lapis, sedangkan lantai dan plafon sebanyak 1 lapis. Tujuannya mengurangi getaran yang timbul dari bodi, serta kabin menjadi rigid dan hening,” papar Fadi.

Menggusung konsep SPL tentunya peranan head unit memiliki fungsi yang strategis sebagai pemutar lagu, sehingga pemilihan perangkat yang mumpuni dalam modifikasi audio pada Toyota Avanza menggunakan Alpine CDA-9887.

Meskipun menang dalam kontes SPL yang dominan dengan suara bass, modifikasi audio pada Avanza ini tidak menghilangkan hiburan yang nyaman, sehingga diaplikasikan speaker 3-way dari Crescendo Opus 8.9 dan arahnya dibuat on-axis ke pengemudi dengan pembuatan pilar custom.

Sedangkan untuk mengakali kinerja midbass, Fadi membuat boks yang ideal di doortrim pintu depan. “Agar suara bassnya di tengah, jadi volume boks midbass dikondisikan agar kinerjanya bisa optimal,” ucapnya.

Sementara, untuk menghadirkan besaran dB yang optimal pada modifikasi audio Toyota Avanza ini dibuatkan boks slot untuk bersemayamnya 2 unit subwoofer Prokick. ”Kubikasi boksnya sebesar 1,9 cu/ft tiap boks agar dentuman bassnya bisa presisi. Karena regulasi kontes tidak boleh menggunakan aeroprt jadi saya akali dengan slot boks.

Banyaknya perangkat audio dalam modifikasi audio Toyota Avanza ini tentu harus didukung dengan pasokan tenaga yang cukup, sehingga Rudy membaginya dengan menyematkan 4 power. ”Cactus 5K untuk men-drive 2 subwoofer, Genesis Profile 4 untuk men-drive speaker depan dan ARC Audio untuk men-drive speaker coaxial di belakang,” tukasnya. “Sedangkan penambahan 2 unit aki agar asupan daya tetap stabil,“ tutup Fadi. [bil/timBX]