Mr. Robert : Kualitas Peserta SQ di Black Out Loud Setara Grade A

Dec 02, 2018 - BlackAuto Battle Surabaya 2018

Kompetisi Sound Quality dari BlackOut Loud cukup menjadi idaman para modifikator. Terbukti setelah ramai di dua kelas, hari ini sedang berlangsung penjurian kedua belas peserta dari kelas PRO Unlimited oleh dua orang juri berkelas International. Keduanya adalah Mr. Gangfeng Pan dari Cina dan Mr. Robert Charoenpong Sithicharoen dari Thailand. Untuk menghasilkan data yang akurat terkait penilaian tersebut, masing-masing juri bergantian menilai kualitas suara dari mobil peserta. Jadi seorang peserta akan mendapatkan 2 versi nilai yang kemudian di jumlahkan sebagai hasil akhir.

Di kelas Pro Unlimited , kelas ini merupakan tahta tertinggi di kelas Sound Quality (SQ). Pasalnya di kelas ini tidak diberikan batasan dari sebuah budget modifikasi audionya, seperti yang terklasifikasi di dua kelas sebelumnya SQ Pro 12 K, dan SQ Amateur FFA 2W. Bisa jadi budget modifikasi untuk diatas Rp300 jutaan. Dan kesempatan ini digunakan oleh installer audio, bertarung melawan installer lain untuk mencatatkan kualitas suara yang terbaik.

Panasnya pertarungan dikelas sound quality Pro Unlimited juga dirasakan oleh salah satu Dewan Juri Mr. Robert. Pemilik nama lengkap Robert Charoenpong Sithicharoen ini cukup kagum dengan kontes modifikasi audio terbesar di Indonesia ini.  “Sejak pertarungan di dua kelas hari kemarin, progress berlangsung cukup baik. Instalasi dan kualitas sound-nya cukup baik, tidak ada performance yang turun dan mereka hanya butuh langkah perbaikan yang lebih teliti lagi,” tutur Robert kepada tim Blackxperience.com.

Lanjutnya, “Untuk hari ini karena di kelas yang berbeda, performance mereka lebih baik dari sisi listening, tuning car. Mereka benar-benar luar biasa, saya sungguh kagum,” cetus Robert.

Menurutnya kekagumannya atas modifikator audio di Indonesia boleh dibilang di atas rata-rata. “Saya juga menjadi juri di beberapa negara, dengan rules yang sama, CD yang sama yakni USACI, saya merasakan kompetisi di Black Out Loud ini seperti di sebuah grand final  kontes audio di negara lain yang cukup progressif,” jelas Robert sambil tersenyum.

Dikelas Pro Unlimited ini, dalam penilaian secara general, Robert memberikan grade A++ untuk peserta yang bertanding hari ini. “It’s really good, saya berharap mereka para modifikator audio bisa menjaga iklim progresif dari waktu ke waktu,” imbuhnya.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, bahwa kategori penilaian dalam Black Out Loud kelas Sound Quality  kali ini antara lain mencakup staging position mencakup 5 item, Imaging memcakup 6 item, ambiance atau Spatial Reproduction mencakup 2 item, definition and clarity mencakup sub-bass, mid bass, mid range, high, dynamic, tonal balance, dan environment.  Kemudian dua kategori lain mencakup engine noise dengan 5 item seperti engine noise, echanical noise, turn on noise, turn off noise dan noise floor. Terakhir itu sound linearity mencakup low volume dan high volume. [Ahs/timBX]