Mister Pitbull Sapu Bersih Gelar The Champ dan The Master Final BAB 2017

Nov 20, 2017 - BlackAuto Battle Bandung 2017

Sukses menjadi The Champ di Final BlackAuto (BAB) Battle di Bandung, Toyota Yaris karya Kupu-Kupu Malam berhasil menyapu bersih piala dambaan semua jawara BAB 2017 yakni gelar The Master. Penghargaan ini didapat berkat dominasi poin mobil kreasi Dwi Purnomo pada malam Final BAB 2017 ini di Sabuga, Bandung.

Menghadapi babak yang ditunggu-tunggu di Dwi menampilkan modifikasi ekstrem dan eksentrik dengan mengubah Yaris ‘biasa’ menjadi roda delapan. Agar bisa memasang ban belakang tambahan, ia harus menambah sasis bagian belakang yang dimanfaatkan untuk perangkat audio.

Konsep inovatif dari sang builder dari rumah modifikasi Kupu-Kupu Malam Auto Fashion Yogyakarta itu, menyodorkan konsep yang sangat inovatif. Daya tarik kendaraan hasil kreasi ‘pemuda-pemuda Jogja' ini tidak hanya menarik dari sisi tampilan, tetapi juga dari inovasi teknologi yang ditanamkan pada Toyota Yaris mereka.

Sebelumnya, mari kita lupakan dulu soal pintu model gunting, audio canggih berserta kosmetiknya, maupun ubahan bodi delapan roda dikombinasi permainan grafis yang menghias bodi Yaris kreasi mereka, karena yang difokuskan pada artikel ini adalah teknologinya.

Menurut Dwi juru bicara dari Kupu-Kupu Malam, Yaris kreasi timnya telah dibekali motor listrik yang berfungsi memutar roda belakang, selain mesin modifikasi yang bertugas memutar roda depan. Namun anehnya, ia tidak mau disebut sebagai mobil hybrid. Dwi menjelaskan antara motor listrik dan mesin turbo bekerja sendiri-sendiri alias tidak bisa bersamaan.

Oleh karena itu ia dengan tegas mengatakan bukan hybrid. Menurut Dwi, agar motor listrik secara sempurna membagi putaran dayanya ke roda belakang, Kupu-Kupu Malam terpaksa mengganti suspensi standar dengan mode multi-link kepunyaan Toyota Supra dan Mercedes-Benz, lengkap dengan komponen differential.



Motor bertegangan 72 Volt ini digerakkan oleh baterai lithium-ion berkapasitas 7,2 kWh yang diklaim mampu melarikan kendaraan hingga kecepatan maksimal 60 km/jam dengan kemampuan jelajah sejauh 90 km. Saat daya baterai menyusut, Dwi tinggal mengubah mode untuk mengaktifkan mesin bensin yang telah dilengkapi turbo untuk menjalankan kendaraan. Pada mode ini, motor lisrik di roda belakang berubah fungsi menjadi generator untuk mengisi kembali baterainya.

Yang lebih menarik lagi, Yaris kreasi Kupu-Kupu Malam juga bisa dijalankan dengan menggunakan pengendali jarak jauh berupa remote kontrol, sehingga pemilik kendaraan bisa memindahkan mobil dari lahan parkir ke tempat dia berada, dengan catatan: mobil masih terlihat oleh mata.

Untuk menanamkan kemampuan itu pada mobil Yaris, tim Kupu-Kupu Malam memanfaatkan alat pengendali jarak jauh milik mobil-mobilan R/C (Radio Control). "Sengaja kami memilih jenis R/C yang pro (professional) karena sudah terbukti tidak pernah mengalami gangguan akibat bertabrakan frekuensi dengan pengendali jarak jauh lainnya," jelas Dwi.



Remote yang digunakan menurut Dwi, memiliki frekuensi sekitar 2,4 Ghz dan memiliki jangkauan kendali antara 300 hingga 400 meter tergantung lokasi. Saat menggunakan remote kontrol, kecepatannya dibatasi hanya 30 km/jam dan dijalankan oleh motor listrik.

Untungnya Yaris telah menggunakan power steering dengan sistem elektrik EPS (electric power steering) sehingga mekanik Kupu-Kupu Malam tidak pusing-pusing menambah alat untuk memutar dan mengendalikan roda kemudi yang ada pada kendaraan sehingga konsep teknologi ini bisa terwujud.

Lanjut ke bagian eksterior, kesan Lamborghini begitu terasa di bagian belakang. Hanya saja alih-alih mesin, malah barisan speaker, subwoofer dan layar televisi bertengger menghiasi bagian punggung.

Tidak berbeda dengan bagian belakang, sektor depan juga mencuri perhatian. Pasalnya mesin dibuat mencuat keluar lalu dipasangkan aksesori berupa senjata. Senjata ini bahkan bisa berputar layaknya ‘gattling gun’ sebenarnya. Memanfaatkan bahan kuningan, senjata tersebut dipahat dengan ukiran khas Jawa. Dan setelahnya baru finishing krom.

Setelah sebelumnya memotong atap, pengerajin asal Kota Gudeg ini kembali memasangnya untuk mengejar tampilan ala anjing 'Pitbull'. Tampilan tersebut semakin diperkuat dengan bodywork yang lebih tajam serta permainan grafis berwarna kontras. Makanya tak heran, Yaris delapan roda ini dinamainya Mr. Pitbull.

Panjang Mr. Pitbull ditarik menjadi 6.5 meter dengan menggunakan tambahan sasis kustom ledder frame. Roda belakang ditambah dengan as roda Supra dan Mercedes yang membuatnya memiliki sepasang roda di depan dan enam roda di belakang, sehingga total keseluruhan menjadi delapan roda.

Tak hanya tampil berbeda dengan delapan roda, ujar Dwi, perubahan lain yang diaplikasikan pada mobil ini yakni penggunaan sistem motorized hingga 16 titik. Canggihnya, sistem penggerak elektrik tersebut bisa diaktifkan menggunakan smartphone Android. "Ada 16 titik motorized. Di belakang empat titik, kap belakang tiga, sisanya tersebar di berbagai sektor bodi. Tapi yang jelas sistemnya bisa pakai Android atau manual. Dwi meyakinkan, meski telah diubah total, Mr. Pitbull masih bisa dikendarai meskipun dalam kondisi yang terbatas.

Masuk ke interior, sudah tidak ada jejak Yaris di sini. Meski begitu, seluruh sektor sudah dikustom ulang oleh tangan-tangan builder handal kebanggaan wong Yogya ini. Interior dibuat begitu futuristik dengan dominasi warna merah. Memegang setirnya pun punya keasyikan sendiri, sebab lingkar kemudi ini hasil pahatan seniman terbaik Kupu Kupu Malam.

Meskipun bergaya ekstrem, kesan racing terasa akibat pemasangan indikator pengukur seperti oil, boost, vacum, dan volt meter. Mesin tak luput jadi perhatian pemilik Yaris tahun 2006 ini. Modifikasi mesin terbilang ekstrem dengan pemasangan turbo dan suku cadang racing lainnya. [bil/timBX]

Spesifikasi Toyota Yaris Mr. Pitbull

Exterior :

Full custom body kit, body drop, custom pintu with peneumatic dan android, custom kap mesin with motorized dan android, wide body, repaint black red with Sikkens, Full body realis airbrush with free hand, 4pcs custom foglamp,

Interior :

Custom cover seat cover by Murano, custom dashboard cover by Murano, custom plafon cover by Murano, custom doortrim cover by Murano, custom console, custom handbrake, custom pedal set, custom shift knob, tachometer Pivot Quart 1.000 rpm, tachometer Volt Defi, tachometer oil press Defi, tachometer boost Defi, tachometer vacuum Defi, Murano Terminator TR 001 Black, Murano Blast MT 019 S Crimson Red

Audio :

Head unit Pioneer AVH P2450 BT, subwoofer Venom 12” Diablo 2 pcs, subwoofer Venom 8” 8 pcs, power Venom Monoblock Intelligent 1 pcs, power Venom Monoblock 2 pcs, power Venom 4 channel 2 pcs, speaker Venom Split 3 set, speaker Venom Coaxial 9 set, monitor TV 7” 4 pcs, monitor TV 4” 19 pcs, monitor 40” 1 pcs, Playstation 3 1 pcs, custom box audio, custom acrlic, custom LED RGB

Engine :

Engine double, electric vehicle, electric conventional, autopilot, Turbonetic, Westgate Turbo Smart 38 mm 2 pcs, blow off HKS, custom stainless steel pipe intake, Turbocharger or Go model GT 4294, intercooler HKS, rubber hose Samco intake, custom exhaust manifold SS, custom muffler SS, custom grafir Turbo Jawa Culture, custom grafir open filter Bren Java Culture, custom cover engine aluminium, strutbar RPA 2 points, oil cup TDR

Undercarriage :

Wheels Soleil R20 (front offset +25 lebar 8.5), (middle offset zero 45 lebar 9.0), (rear offset zero 45 lebar 9.0), (rear offset zero 45 lebar 9.0), tires Achilles (front ATR Sport 225/35/20), (middle ATR Sport 225/35/20), (rear ATR Sport 225/35/20), (rear ATR Sport 225/35/20), air suspension 8 points Universal Air, custom front arm system, custom middle arm system, custom rear arm system, brake BBK K-Sport disc 320 4 pots front, BBK K-Sport disc 320 4 pots middle, BBK Nissin disc 320 4 pots rear, coilover D2, custom arm, custom chamber kit