Kloning Sempurna Kijang Innova

Aug 27, 2017 - BlackAuto Battle Surabaya 2017

Modifikasi mobil itu seperti layaknya mengerjakan sebuah proyek karya seni, karena imajinasi dan konsep berperan serta dalam hal tersebut. Hal itu yang dituangkan secara tersirat oleh modifikator asal kota Surabaya bernama Evan Sumanto, yang mobil hasil modifikasinya berhasil menjadi 1st Runner Up dalam kontes modifikasi mobil bergengsi BlackAuto Battle 2017 Surabaya. Mobil Toyota Kijang Innova miliknya seketika disulap menjadi mobil Toyota Fortuner VRZ.

Loh, kok, kenapa tak sekalian beli Fortuner keluaran terbaru saja? Nah, di sini imaginasi dan konsep berperan. “Membuat orang tak mengira bahwa ini adalah kloning Innova saja sudah menjadi keunggulan tersendiri. Namun bagaimana membuat mobil ini lebih hebat dari Fortuner terbaru sekalipun, itu baru luar biasa,” jelas owner workshop Auto Concept di Surabaya. Jadi tak sekedar Fortuner KW.

Perubahan yang dilakukan lebih banyak di sektor bodi lansiran 2008 ini pun tergolong ektrem. Meski masih mengandalkan sasis standar, namun seluruh bodi di kastem ulang menjadi lebih lebar/wide. Bemper depan, pintu hingga pilar C di belakang diubah layaknya Fortuner. Perombakan di mulai pintu belakang dibuka secara remote motorized. “Kalau menggunakan motorized system serasa mobil jadi luar biasa. Walaupun bukan mobil sport dua pintu kebanyakan”, kata Evan.

Tidak cukup itu, jok belakang dan ruang bagasi juga menjadi ide ekstrem Evan, tidak disisakan sesenti-pun untuk bisa menaruh barang bawaan. Seluruh ruang penuh sesak dengan speaker audio produk Cello. Untuk mempermanis tampilan kosmetik audio, Evan mendesain boks subwoofer bermotif street racing.

Begitu pun juga penataan pencahayaan dibuat menarik mungkin dengan menggunakan lampu LED bermotif ice blue. Selanjutnya, pola pencahayaan dibuat sedikit seperti bar di club malam yang menarik.

Dimensi Innova yang sedang, enggak membuat Evan serta merta membuatnya jadi tampak wide body. Tetap diusahakan besar secara proporsional, namun dengan beberapa ubahan yang enak dipandang mata. Salah satu contohnya pada bagian fender yang dibuat lebar. Custom bagian ini enggak dibuat terlalu banyak, cukup 6 cm di depan dan belakang 8 cm.

Bumper depan juga di-custom ulang, tampilannya disesuaikan dengan gril, yang jadi ciri khas Fortuner. Pemasangan splitter pada beberapa bagian, mendorong tampilan sporty-nya makin kelihatan. Hal yang kurang lebih senada, soal pemasangan wing custom di belakang.

Mengusung tema sporty, maka sudah pasti enggak jauh-jauh dari tampilan racing. Part yang ditempelkan sudah barang tentu barang berkualitas tinggi. Seperti pemakaian velg 22 inci ADV di roda depan dan belakang. Biar tak mentok aspal dan lebih nyaman saat melalui jalan berkelombang, dipakai air suspension Ksport 2ch. Velg berdimensi besar tak asyik rasanya kalau tak memakai kaliper balap yang sekaligus bisa jadi bahan tontonan orang. Tak heran Evan mengadopsi rem depan dan belakang Brembo 6 pot. [bil/timBX]

Spesifikasi

Eksterior:

Body conversion Fortuner VRZ, custom airbrush, Head lamp VRZ, stop lamp VRZ, bodykit depan & belakang full custom, Wide body depan & belakang full custom, side skirt full custom kanan & kiri, diffuser custom depan & belakang, moonroof Toyota Harrier, kap mesin custom.

Interior:

Full bekled dasboard (doortrim, jok depan & belakang, karpet, plafon & pilar), LED red & white, Pangkon TV 24 inci, Pangkon takometer, Pangkon iPad, Pangkon plafon, takometer Deffi (6 unit).

Audio:

Headunit Alpine 2DIN DVD, Processor Audison, speaker depan & tengah 3 way Cello, speaker belakang 2 set 3 way Cello, subwoofer 12” Cello (2 unit), power 4ch Cello (3 unit), power 1ch Cello (3 unit), kapasitor bank 5F

Undercarriage:

Velg 22” ADV depan 9.5 inci & belakang 10.5 inci, ban Toyo 225/45 depan & 245/45 belakang, air suspension 2ch Ksport, rem depan & belakang Brembo 6 pot.

Mesin:

Turbo LHI, filter K&N, intercooler HKS, blowoff HKS, hose Samco, knalpot 2 set Remus, oil catch tank D1 spec, dastek unichip, turbo timer.

Entertainment:

Spinning DJ Pioneer, TV 24’, iPad, PS3, PSP, Wifi, GPS.