Honda Brio 8 Roda Raih Gelar The Champ BlackAuto Battle 2017 Surabaya

Aug 27, 2017 - BlackAuto Battle Surabaya 2017

Akhirnya, seri Black Auto Battle 2017 Surabaya, sukses mengantarkan mobil hasil modifikasi John’s Speed Custom dari Yogyakarta meraih gelar "The Champ". Tak hanya berhenti di situ, 13 gelar lainnya pun ikut disapu bersih olehnya. Para pengunjung yang begitu antusias mendatangi Grand City Mall, cukup terkejut mengetahui basis mobil yang digunakan hanyalah sebuah Honda Brio.

Bisa ditebak, bukan sembarang Brio, oleh Wawan sang punggawa John's Speed Custom merombak hampir semua aspek kendaraan kompak itu. Rancang bangun yang dilakukan Wawan memang cukup menyita banyak perhatian, bahkan juri pun sempat kebingungan apakah ke-delapan roda mobil tersebut ini bisa digunakan. Karya Wawan menjadi salah satu contoh modifikasi ekstrem yang benar-benar mengubah tampilan asli mobil menjadi bentuk baru. Jadi tak heran, kalau Brio ini pun punya nama baru 'Mukidi' khas nama Jawa.

"Beberapa kali ikut kontes juga, cuma belum dapat hasil maksimal. Jadi saya pikir bagaimana caranya biar bisa dapat hasil yang terbaik, ada ide dari Wawan sang punggawa bengkel yang workshop-nya berada di Sleman, Yogyakarta ini, untuk bikin roda delapan dan buat dipakai Brio itu sesuatu yang belum pernah dibuat. Akhirnya di tahun ini baru terealisasi. Jadi ajang BlackAuto Battle 2017 Surabaya jadi debut pertama Honda Brio roda delapan," ujar Farid sang pemilik mobil.

Panjang Honda Brio ditarik menjadi enam meter dengan menggunakan tambahan sasis kustom ledder frame. Roda belakang ditambah gardan yang membuatnya memiliki empat roda dan roda depan ditambah as kaki-kaki sebagai penghubung tambahan dua roda yang bisa mengikuti kemudi rack & pinion utamanya, sehingga total keseluruhan menjadi delapan roda.

Tak hanya tampil berbeda dengan delapan roda, ujar Farid, perubahan lain yang diaplikasikan pada mobil ini yakni penggunaan sistem motorized hingga 16 titik. Canggihnya, sistem penggerak elektrik tersebut bisa diaktifkan menggunakan smartphone Android.

"Ada 16 titik motorized. Di belakang empat titik, kap mesin dua, sisanya tersebar di berbagai sektor bodi. Tapi yang jelas sistemnya bisa pakai Android atau manual. Modifikasinya, full airbrush model grafis ala Jawa, warna aslinya pun dari putih diganti jadi candy hijau, dan pakai air suspension empat titik. Farid meyakinkan, meski telah diubah total, 'Mukidi' masih bisa dikendarai meskipun dalam kondisi yang terbatas. Guna mendukung bobot yang bertambah, mesin standar Brio dipensiunkan dan diganti milik Honda K20 yang sudah diracik ulang dengan kapasitas 2.000 cc dikawinkan dengan Turbo.

Masuk ke interior, sedikit banyak Anda masih menemukan jejak Brio. Meski begitu, seluruh sektor sudah dikustom ulang oleh tangan-tangan builder handal di Sleman. Untuk temanya tetap terilhami dari kokpit sportcar yang bernuansa individual. Ada Playstation 2, TV 32 inci, tujuh unit TV 4 inci, TV 14 inci, tujuh subwoofer. Ada enam takometer yang berfungsi untuk memantau seluruh tekanan di mobil, sedangkan pada konsul tengah terdapat tombol untuk mengatur sistem air suspension-nya.

“Saya masuk dari depan Grand City Mall dengan banyak belokan. Bersyukur sampai di area kontes tak terkendala apapun. Meski begitu, diluar kontes, 'Mukidi' saya taruh di bengkel di Sleman, Yogya karena saya sendiri enggak sanggup mengurusnya. Saya takutnya kalau di parkir di rumah agak susah masuk ke garasinya. Kalau di parkir depan rumah, takutnya disenderin anak kecil itu yang bikin saya khawatir," tutup dia.

Menurut lelaki muda beranak satu ini, merasa bangga 'Mukidi' dapat menyabet gelar The Champ BlackAuto Battle Surabaya. "Wah bangganya nda ketulungan Mas. Pertama kali turun BAB 2017 Surabaya serta jadi juara," papar pria yang juga berbisnis komponen industri ini. [bil/timBX]

Spesifikasi:

Interior :

Custom dasbord dan di airbrush, jok depan custom pakai motorized, interior full custom, 2tabung Nos dengan 4 purging, doortrim custom.

Kaki-kaki

Custom baut roda jadi 5 pcd 114,3, velg 19 lebar 9-10, air suspension 4ch Airlift with android.

Audio :

Head unit pioner, power 3unit, monoblok 1 unit, speaker 3way 1set, speaker 2way 5set, TV 7in 7pcs, TV 3,5in 4pcs, TV 32in 1pc, TV 14in 1pc, Play station 2 1set.

Mesin :

Honda K20, turbo garet dengan bost 0.3bar, custom piping, custom header, open filter HKS, Apexi intercoller, Smart boost control, Dasteq q+, Dasteq turbo module, Dasteq throtule control.

Body work :

Full custom body kit, body drop, custom pintu with peneumatic dan android, custom kap mesin with motorized dan android, wide body, repaint green with Sikkens, Full body realis airbrush with free hand, 4pcs custom foglamp, facelift lampu depan pakai punya honda civic 2013, facelift lampu rem pakai punya Honda Accord 2008

Gadget :

Android custom 16 channel, motorized 16 titik